Bekal #16: Sushi Keju

Hari ini bekal Y nasi keju yg dibungkus nori ditambah telur dadar. Maaf ya nak, sayurnya belum mateng..

Bekal #14: Timmy Time bento

Ga ada pembantu bukan berarti ga bikin bekal untuk Y.. Sayangnya Y lagi ga mood ke sekolah.. Semangat dong..

Bekal #12: Domba

Pagi ini kompornya keabisan gas. Lauk yang sempat kemasak hanya tumis brokoli puyuh😦 Yawislah, akhirnya bekalnya dibentuk domba aja. Kupingnya dari keju.

‎​Alhamdulillah habis.

Bekal #11: Lani, teman Tayo the Little Bus

Yodha ternyata sudah ngerti kalau aku ga bisa membuat bento yang karakternya warna biru. Awalnya dia minta bentuknya Tayo (bis warna biru), tapi diralat jadi Lani (bis warna kuning).

Bahannya putih dan kuning telur, ditambah nori. Lauknya nugget, brokoli dan wortel. Snack, seperti biasa, apel dan agar-agar.

Bekal #10: Lightning McQueen Bento

Sesuai janji, karena hari ini Yodha bawa mobil Lightning McQueen (tokoh Cars) untuk sesi “Tunjukkan dan Cerita” di kelas,, aku bikinin bekal yg bertema sama: Lightning McQueen”.
Untuk tokoh Lightning, pakai daging burger yg aku rebus. Bagian mata, gigi dan lampu pakai putih telur, mulut, roda dan mata pakai nori. Nasinya dibentuk setengah lingkaran, ditaruh dibawah Lightning

Sisanya ikan mujair goreng tepung, tumis brokoli bakso dan apel (aku belum bikin ager-ager). Ludes🙂

Tips: untuk membentuk karakter Lightning, aku “nge-blat” gambar di majalah, lalu daging burger dan putih telurnya dipotong sesuai template pakai pisau. Nori lebih mudah dipotong menggunakan gunting dapur

Bekal #9: Bola

Hari ini nasi Y dibentuk bola. Sederhana tapi ga simpel. Bentuk segilima-nya itu looo..

Lauk yang lain: tumis bayam ati ampela+wortel, patin goreng tepung dan tempe goreng. Apel dan agar-agarnya juga ga ketinggalan.🙂 Nyam!

Bekal #8: Pinguin Bento

‎​Alhamdulillah hari ini Y permintaannya standar, pinguin. Setelah beberapa hari membuat kyaraben (bento karakter), rasanya kali ini mudah. Bahan yang dipakai hanya nasi, nori dan wortel rebus.

Lauknya nugget, tempe goreng, dan sayurnya tumis brokoli puyuh

Tips: sediakan paper punch yang memang dipakai hanya untuk membentuk nori menjadi bulatan kecil. Simpan “mata” di wadah tertutup.

Bekal#7: Spongebob Bento

Spongebob. Y maunya spongebob. Hadewww… Baiklah.

Rupanya lumayan gampang. Hanya butuh telur (dipisah kuning dan putihnya)- kuning untuk badannya, putih untuk mata, gigi dan baju. Sementara celananya dari tempe goreng. Dasi dan mulutnya dari wortel rebus. Nasinya dibentuk kotak, disembunyikan dibawah badan spongebob. Sisanya brokoli rebus, sosis dan nugget.

Nyam!😉

Tips: supaya susunannya tetap rapi, aku pakai potongan spaghetti (yg belum dimasak).